CARA MENGGUNAKAN KURSI RODA

Kali ini saya akan membagikan tutorial cara memakai kursi roda yang benar! Ok kita gak perlu basa basi ini dia tutorialnya.

Kursi roda merupakan alat bantu gerak yang banyak sekali digunakan oleh orang berkebutuhan khusus, seperti penyandang cacat fisik tubuh atau sesudah amputasi kaki, sehingga tidak memungkinkan untuk berjalan. Kursi roda juga sangat umum dipakai oleh pasien yang masih dalam tahap penyembuhan sehingga tubuhnya terlalu lemah untuk berjalan sendiri.

Menggunakan kursi roda bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, dengan cara sebagai berikut:



1.PERSIAPKAN TANGAN
Pakailah pelindung seperti sarung tangan sebelum menggunakan kursi roda. Untuk mencegah luka pada kulit tangan saat pemakaian kursi roda.

2.MEMEGANG RODA
Pegang roda besi pada kursi roda.

3.NAVIGASI MENGGUNAKAN KURSI RODA
Walau terlihat sederhana, namun jika anda tidak tahu cara menggunakan kursi roda maka anda akan bisa terluka karenanya.

4.MENGHADAPI RINTANGAN DI JALAN
Saat menggunakan kursi roda kadang melalui jalan yang tidak halus, misalnya ada batu, kabel yang tergeletak yang menghambat kursi roda. Selalu lambatkan kursi roda sebelum melalui rintangan ini. Bahkan rintangan setinggi 1cm pun bisa membuat anda terpental bila anda melaluinya dengan kecepatan yang cukup tinggi. Berlatihlah untuk melalui rintangan-rintangan seperti itu
Gunakan kursi roda dengan bergerak mundur, ketika melalui rintangan yang cukup besar karena berbahaya dan sulit.

Ini dia cara-cara bergerak dengan menggunakan kursi roda:
  • BERGERAK KE DEPAN
Genggam kedua roda besi pada bagian belakang dan dorong ke depan dengan tenaga anda. Lakukan hal yang sama untuk bisa bergerak maju ke depan.
  • BERGERAK KE BELAKANG
Genggam kedua roda besi bagian depan dan tarik ke belakang agar bisa bergerak mundur. Ingatlah untuk selalu menengok ke belakang sebelum bergerak mundur.
  • BELOK KANAN
Pegang dan diamkan roda besi sebelah kanan, lalu ayunkan roda besi sebelah kiri kedepan agar anda bisa belok kanan.
  • BELOK KIRI
Pegang dan diamkan roda besi sebelah kiri, lalu ayunkan roda besi sebelah kanan kedepan agar anda bisa belok kiri.
  • BERPUTAR DI TEMPAT
Untuk melakukan gerakan memutar di tempat dengan kursi roda anda, lakukan dengan cara ayunkan salah satu roda besi kedepan dan ayunkan salah satunya kebelakang dalam waktu yang bersamaan.
  • BERHENTI
Bila ingin berhenti tariklah tuas yang biasa digunakan sebagai rem. Bila masih belum berhenti juga gunakan tangan untuk menghentikan roda secara manual.
  • BERDIAM DIRI
Jika anda harus menggunakan kedua tangan anda, misalnya lagi makan, jangan lupa untuk selalu menarik tuas rem, agar anda tidak tergelincir dengan bebas.

Ok sudah gak kerasa artikel tentang cara menggunakan kursi roda sudah sampai disini! Gak kerasa ya? Heheh ok jangan lupa baca artikel lain punya saya heheh.

KESIMPULAN....
Dari artikel di atas kita dapat simpulkan bahwa gunakan kursi roda dengan baik jangan sampai jatuh. Heheh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CARA MENGGUNAKAN KURSI RODA"

Post a Comment